Jumat, 02 November 2012

kasir dan uang receh, korupsi terselubung

pinjem dari gugel

sering belanja di mini market ato bahkan super market? brapa nominal anda belanja? sebutlah 197.800 rupiah, brapa uang yang andas serahkan ke kasir? 200.000 rupiah, brapa kembaliannya? permen 1 biji? uang 200 rupiah ato tidak dikembalikan sama sekali?ato pak/bu 200 rupiahnya mau disumbangkan ke WHO?
yang terakhir aku setuju banget,tapi benarkah uang itu disumbangkan ke lembaga kemanusian yang disebut,apakah ada yang ngawasin?   tapi jika tiba2 uang 200 rupiah hilang, kesel banget, apalagi tanpa ngomong tanpa permisi tanpa permohonan maaf  si kasir langsung melayani pelanggan lain,kesel nya sebesar gunung gede, mau marah-marah gak enak, cuma ributin uang 200 rupiah katanya.


belum tentu konsumen ikhlas, bagaimana apakah berkah jadinya uang itu?



kita belum tentu membutuhkan permen, ato barang yang tidak kita butuhkan,
kalo mereka mengembalikan uang receh kita dengan permen apakah kita bisa membeli barang dengan permen juga bila uang kita tidak cukup? tentu tidak kan

kita berhak menolak, tapi kadang kita gak mau ribut, inilah yang dimanfaatkan oleh kasir, saya berulang kali menolak dan jadi jutek nih muk.

kenapa harga - harga di mini market supermarket tidak dipaskan saja harganya seperti di pasar tradisional?

menurut adik saya yang pernah tinggal di Jerman disana gak pernah ada uang kembalian dalam bentuk permen, disana receh bisa sampai yang terkecil, 1 sen pun ada

dr gugel

dikemanakankah oleh kasir2 itu uang receh kita?bukankah tidak terdata di komputer uang recehan kita mungkinkah tertulis diantara kasir2 itu saja sehingga sehari bisa mencapai 20.000 rupiah bagaimana sebulan?setahun? halalkah uang itu? lebih baik dia bilang dengan jujur uang recehnya gak ada mungkin konsumen baik hati seperti saya akan bilang udah ga papa buat jajan kamu nduk...xixixixi

 kalo punya recehan saya tabung di celengan kecil murah berharga 2000 rupiah dan bila sudah penuh saya buka tuh celengan lalu   dibelanjakan, bisa mencaapai 100.000 rupiahlumayan kan, atau ditabung di m dinar jadilah berdinar-dinar


sebaiknya kita batalkan saja transaksi bila tidak suka dengan pengembalian permen atau bahkan tidak dikembalikan uang kita. demikian saran teman...bener juga, kalau ini terus dibiarkan beginilah jadinya negeri ini, mini market semakin menjamur dan metoda pengembalian masih dengan permen atau bahkan hilang karena gak ada yang berani bersuara gak ada yang berani merubah.



ada lelucon sejak kapan uang receh indonesia berubah masa uangnya jadi permen

kembali ke pasar tradisional aja yuk....di pasar tradisional mereka memberkan penawaran pada kita bila tidak ada kembalian, mau dbelikan apa sisa suangnya, tinggal kita  milih, tapi kebanyakan penjual nawarin dengan sasa msg, jelas saya tolak karena saya bukan pemakai, maka saya lebih suka dibelikan lada atau lainnya,disini konsumen berperan tidak menjadi pasif saja ditawarkan barang yang belum tentu kita butuhkan.

ada pembelaan dari seorang karyawan mini market di blog nya, bahwa manajemen mini market tidak menyediakan uang recehan tapi karyawan lah yang mesti mengusahan sendiri, walaupun demikian sebaiknya mereka mengkomunikasikan masalah ini ke manajemen atau ke pembeli bahwa tidak ada uang receh sehingga tidak serta merta menggantinya dnegan permen.

saya pernah mengadukan masalah pengembalian uang ke sms center sebuah mini market dan setelah lama akhirnya di respon juga. sekarang jadinya mini market itu menerapkan boleh menukar uang recehan dan bila uang kembalian kita tidak bulat maka mereka bulatkan keatas, misal uang kembalian 435 rupiah mereka kembalikan 450, tapi ini malah tidak enak buat saya sendiri, saya kembalikan aja uang 50 rupiahnya saya relakan, jadi enakan begini dong ada akad yang jelas dari pada tiba2 diganti permen kan ^_^.

yuk kita berperan membersihkan koruptor negara ini dimulai dari pasar...hadeeuuuuuhhhh

32 komentar:

  1. sebagai pedagang, saya menghindari hal-hal yang seperti itu mbak, dengan cara apapun kembalian adalah hak mereka. Saya juga khawatir jika tidak ada keikhlasan atas kembalian maka transsaksi kita berkurang keberkahannya.
    Jadi kalo seandainya ada kembalian Rp 50, maka saya kasih Rp 100. Kalo mereka sendiri yang minta dikasih permen maka kita kasih permen. Jadi jangan memberikan keputusan sepihak. Ini sepele, tapi buntutnya gedhe

    BalasHapus
  2. lebih enak pakai debit aja ya jadi gak pakai kembalian receh

    BalasHapus
  3. sy masih pasrah ketika kembaliannya permen kl cuma 50 rupiah.. males komplen.. tp pernah kesel & akhirnya protes ketika setiap hari sy belanja di sana selalu di kembaliin pk permen.. Dan waktu itu kembalian sy adalah 200 rupiah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami sekeluarga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH TONOJOYO atas bantuannya saya menang togel yang ke 2x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang pengepul barang bekas apalagi saya seorang janda,,yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….suatu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai angka ritual/ghoib MBAH TONOJOYO yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor MBAH TONOJOYO dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan MBAH yang telah memberikan anka “GHOIB” nya 4D yaitu (1305) dan alhamdulillah itu ternyata terbukti. lagi…sekaran anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas berkat bantuan MBAH TONOJOYO,bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goib yang di jamin 100% kemenangan hbg MBAH TONOJOYO di nmr;_0_8_2_3_4_3_6_2_8_4_3_6,,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saanya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya MBAH TONOJOYO yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti hbg sekaran MBAH TONOJOYO nya,terima kasih ROMNYA

      Hapus
  4. saya pernah menegur kasir yg tanpa bertanya dulu langsung memasukkan kembalian ke donasi.. dia kebingungan menjawab komplen saya... memang harus berhati hati mbak, meskipun cuma 200 perak tapi klo banyak kan hasilnya besar juga

    BalasHapus
  5. jangan sepelekan uang receh...dikir2 lama jadi bukit lhooo

    BalasHapus
  6. alhamdulillah selama saya jadi pedagang obat herbal, kembalian sekecil apapun selalu saya kembalikan kepada konsumen tanpa berubah jadi permen, malah ada yang suka bilang gini "udah kembaliannya buat bapak aja saya ikhlas"...tuh kan enek kalo begitu.

    BalasHapus
  7. Barusan saya ke expedisi pengiriman paket.
    Rupanya ga ada kembalian
    Tau nggak kasirnya bilang apa " utang di sini, kapan2 mbak ambil atau nagihnya". Males banget deh gw, disamping boro-boro tuh org inget, kan pegawai disana banyak. Trus belum tentu gw kesana lg.
    Akhirnya gw bilang ngga mau ngutang2 gt.
    Mana malu kan sm org2 situ. Kesannya gw pertahanin 300 perak. Padahal yg gw permasalahkan sikap seenaknya kasir itu.

    Dulu juga saya pernah ga dikembaliin 200 ditempat itu, katanya kapan2diambil. Saya ikhlasin ajalah.
    Eh ini kedua kalinya saya ngga mau gitu ah. Enak banget kalo gitu caranya.

    Krn gw suru nunggu akhirnya gw bilang ya sudahlah.... Gausah. Eh temennya sesama kasir bilang kalo di laci lain ada receh juga.

    Dooooh. ? Males bgt.
    Gw yakin abis gw balik dr sana gw jadi omongan mereka. Seolah2 gw oelit, jahat, dsb.

    Akhirnya gw putuskan ga akan pake expedisi itu lg.
    Gw mending kirim pake expedisi lain.
    Mentang2 udah ngelanggan jd seenaknya.

    Hahahaha jd cerita.lol

    BalasHapus
  8. Kunjungan pertama nih gan !!
    artikelnya bagus2 gan .. :)

    BalasHapus
  9. Salam kenal gan !!
    infonya bagus2..

    BalasHapus
  10. terimakasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  11. Salam kenal gan !!
    infonya bagus2..

    BalasHapus
  12. Salam kenal gan !!
    infonya bagus2..

    BalasHapus
  13. Salam kenal gan !!
    infonya bagus2..

    BalasHapus
  14. Salam kenal gan !!
    infonya bagus2..

    BalasHapus
  15. Iya juga kalau uang 200 rupiah tersebut dikumpulkan hasilnya lumayan besar

    BalasHapus
  16. terimakasih gan atas segala informasinya dan semmoga kita sama sama sukses selalu dalam berbisnis nya

    BalasHapus
  17. Iya juga sich gak enak kalau marah-marah hanya karena uang 200 rupiah

    BalasHapus
  18. terimakasih atas semua infonya gan mantap

    BalasHapus

terima kasih sudah berkunjung, semoga indah dikenang dan bermanfaat :) salam