Rabu, 30 November 2011

MARKET DAY mengajarkan anak menjadi pengusaha sejak dini

Apa sih cita-cita anak-anak kita? mmm...Fityan kalau ditanya bisa macam-macam jawabannya tergantung sikon (situasi dan kondisi) misal ketika sedang menonton CD Bob  The Builder dia ingin jadi "tukang bangunan", setelah nonton Fireman Sam cita-citanya ingin jadi "pemadam kebakaran", saat lain setelah menonton Wright bersaudara maka cita-citanya berubah lagi ingin menjadi pembuat pesawat atau pilot. Ketika buya-nya cerita tentang Mekah dan sama-sama menonton anak kecil yang hapal Qur'an maka Fityan ingin sekolah di Mekah dan menjadi ulama, entah kenapa dia tidak mau jadi dokter seperti kebanyakan anak-anak^^, berbeda dengan adiknya Akifah yang selalu menjawab ingin jadi dokter anak bila ditanya. Itulah anak-anak, unik.


Saya sendiri sebagai umahnyaapapun cita-citanya namun ingin anak-anak bisa mandiri di usia muda sehingga pada waktunya banyak kebutuhan mereka sudah terbiasa memakai hasil keringat sendiri. Ingin mencontoh baginda Nabi Muhammad SAW, sejak kecil beliau sudah menjelajah negara-negara untuk berdagang dan menjadi orang yang bebas finansial sejak menginjak dewasa karena strategi dan kejujurannya dalam berdagang yang diterapkan oleh beliau.

Setahun dua kali sekolah nya Fityan mengadakan acara Market Day yang bertujuan untuk mengenalkan kepada anak dunia bisnis sekaligus mengajarkan Matematika aplikatif juga agar anak-anak percaya diri dalam menghadapi pelanggan yang beragam dan tentunya belajar menjadi pengusaha yang jujur dan stratergi memasarkan produk seperti yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. ah semoga...

Biasanya pihak sekolah memberikan tema yang berbeda untuk tiap Market Day disesuaikan tema bulan ini di sekolah. Pekan kemaren tema Market Day nya adalah kehidupan di desa dan kota, maka seluruh makanan yang akan dijual harus mengacu pada tema tersebut. Kelompoknya Fityan kebagian menjual Spaghety, agar rasa-nya pas dengan lidah orang desa dan orang kota (sesuai tema) maka Spaghety-nya diberi sayuran jadilah Spaghety sayuran.

dan inilah anak-anak TKIT INSAN MULIA CARE yang sedang belajar menjadi pengusaha ^_^

Fityan and the gank menjual spaghety sayuran,menunggu pelanggan sambil triak2 : spagety sayuran beli-beli 4000 rupiah saja, sehat dan halal ^^


ada yg bertugas memberikan spaghety ada yg menerima uang dan kupon juga tetap bertugas sebagai marketing yg triak2 ^_*


8 komentar:

  1. wah hebat ya,, kecil2 udah bisa bikin usaha sendiri... inspiratif sekali, Bun :-D

    BalasHapus
  2. Ih Fityan sama ya sama Yunda, g pernah mau sebut dokter sebagai cita-citanya ;( Beda ama Akang, pernah juga dia pingin jadi dokter ;)

    Fityan : Mau dung Yunda Akang beli spaghety sayurannyo !!!

    Dek minta dung resep cara buat Spaghetynyo, secara lagi suka masak nih ;)

    Payo belum melok bergurindam ria yo, nak dilapor ke samo Buya Iqbal pulo apo, hehe...
    Tanggal 7 Muharamnya kita pake tanggal 2 Des, sama kan persepsi ya, jangan cari alasan, qiqqqiii...

    BalasHapus
  3. masyaAllah.. lucu lucu sekali mbak ^^

    BalasHapus
  4. yunda : tau aja lagi cari2 alasan, btw juri nyo buya Iqbal? walah mba aku tambah ga PD neh, kabuuuuuuuuur
    yg masak uminya Izzi temen fityan secara beliau pernah tinggal di Italy jd sekalian minta dia yg bikin, ntar ya ku mintain resepnya.

    Maya : lucu banget palagi waktu mereka rebutan dapat uang dari konsumen hahaha

    BalasHapus
  5. wah aku mau banget kalo ada kegiatan seperti itu di sekolah anak2..hehehe
    salam kenal juga mbak..makasih atas kunjungannya ya :)

    BalasHapus
  6. Itu resep Spaghetynyo ditunggu nianan yoooo...

    BalasHapus
  7. anak sekarang enak ya. ada aja fasilitas utk mereka. termasuk pelatihan, kursus dll.

    BalasHapus

terima kasih sudah berkunjung, semoga indah dikenang dan bermanfaat :) salam