Selasa, 07 Februari 2012

BUKAN SEKEDAR NAMA

Nurmayanti Zain, sebuah nama asing awalnya, siapakah dia?
Setelah sering berkunjung ke blognya yang penuh kilauan cahaya emas dan simbol cinta saya pun mulai mengenalnya. Maya yang ramah, taat ibadah yang tak lupa sedekah :)
Tak ingat pasti kapan awal perkenalan , tapi Maya selalu menyapa. Kapan ya bisa kopdar? uhh Makassar terasa jauh buat saya. mungkin bila Maya atau Alice panggilang sayang adiknya, berkesempatan ke Jakarta bolehlah kita menumpang mandi bertemu mengadakan perhelatan akbar kopdar di Monas atau Ragunan :).
 

Saya tertarik dengan tulisan si empunya blog Kemilau Cahaya Emas tentang nama, What is in the name dan Lagi-lagi tentang sebuah nama . Ternyata tulisan pertama tentang nama diikutkan pada sebuah Giveaway dan yang kedua karena ulah adik-adiknya Maya yang memberikan namanya di handphone dengan tokoh-tokoh game waktu mereka kecil.

Nama adalah do'a, seperti nama Nurmayanti Zain yang kata pemiliknya berarti cahaya yang hangat. Ketika kita memanggil nama seseorang ada do'a yang dipanjatkan kepada Sang Pencipta agar yang mempunyai nama seperti harapan baik orang tuanya ketika memberikan nama. Seperti nama Nurmayanti Zain, cahaya yang hangat,  diharapkan Maya bisa memberikan kehangatan untuk  sekelilingnya seperti halnya cahaya. Walaupun pernah ada yang menghinanya dengan sebutan nama kampungan Maya tetap optimis  bahwa nama pemberian ayahnya adalah yang terbaik.

7 hari lalu, sepupu dari suami yang tinggal di Palembang melahirkan, dua hari sebelumnya saya dan suami  tanya siapa nama mujahid kecilnya? yang jelas dari huruf Az awalnya karena 3 abang-abangnya juga berawalan Az ujarnya. Kalo mau nyumbang nama boleh akan kami tampung ujar kak Ros pemilik blog mawar merdeka yang tak lain adalah sepupu kami. Saya dan suamipun sibuk cari nama, tapi ternyata banyak nama-nama yang sudah dipakai dan tak asing lagi di telinga, mungkin yang akan membedakan hanya bin atau binti saja nantinya bila memakai nama tersebut lagi-lagi  ucap Kak Rose. Pengennya memberikan nama istimewa buat keponakan. Tapi khawatir salah, karena bila memakai nama berbahasa arab dirangkaikan dengan kata lain bila tidak tahu ilmunya bisa menjadi salah arti. Sadar saya bukan orang arab , jadi kami tak sempat menyumbangkan nama daripada nanti salah nama. mmm nama anak-anak saya diberikan oleh kakeknya, jadi insyaAllah tak akan salah memberikan nama.

Sempat ngubek-ngubek aturan pemberian nama dalam Islam, dan inilah hasil cucian ubekanku, beberapa aturan itu diantaranya:

1. Berbahasa Arab, seperti nama Nur yang berarti cahaya. mmm waktu saya lahir Abi tidak ada di samping Umi, sehingga nenek berinisiatif untuk memberikan nama panggilan sementara, ntah kenapa nama itu akhirnya jadi nama depan saya sampai sekarang...^_^

2. Kata dan maknanya baik, seperti Akifah berarti perempuan yang beri'tikaf di mesjid. Mendekati hari-hari melahirkan saya sedang rajin berada di mesjid, karena waktu itu bulan Ramadhan jadi saya mengambil sunnah Nabi SAW untuk i'tikaf, sepekan sebelum idul fitri saya melahirkan, saya meminta Abi memberikan nama, ada beberapa pilihan, suami dan adik-adik saya sepakat dengan kata Akifah yang cocok dengan kondisi saya saat-saat saya akan melahirkan.

 

Dalam memberikan nama juga harus berhati-hati dengan nama-nama yang diharamkan, seperti :
1. Nama yang mengandung arti penghambaan kepada selain Allah. misalnya : Abdur Rasul (hamba Rasul), Abdus Syamsu (hamba matahari) dll.
2. Nama-nama yang khusus untuk Allah seperti Ar-Rahman, Al-Khaliq dll...mmm jadi ingat seleb blog pak Dhe, untungnya nama beliau ada depannya Abdul jadi Abdul Cholik artinya Hamba Sang Pencipta, jadi mungkin lebih baik memanggilnya Pak Dhe Abdul ya dari pada pak Dhe Cholik.  wallahu a'lam, yuk bertanya pada ahlinya :)
3. Nama-nama setan, seperti Laqnis yang suka menggoda orang sholat.
jangan sampai terjebak karena ingin menggunakan bahasa arab untuk nama anak tapi karena tidak tahu artinya malah memberikan nama setan, serremm kan


What is in the name? nama adalah do'a. mari kita memberi nama dengan nama yang baik, memanggil dengan panggilan yang disukai^_^


Bukan sekedar nama, itulah Nurmayanti Zain yang selalu memberikan kehangatan pada sekitarnya...seperti namanya.


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Kemilau Cahaya Emas yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain".

10 komentar:

  1. wah.. ini pasti menang, muji2 penyelenggara kontes, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah WaroengBloger salah satu tim juri ya?

      Hapus
  2. masyaAllah
    aku jadi malu luar biasa (~'_'~) fufufufu
    setuju ummi ^^ nama itu berharga dan bukan sekedar nama
    Subhanallah ternyata memang ada adab-adab pemberian nama
    biar nama bisa berkah :)

    --------------
    sudah terdaftar
    terima kasih atas partisipasinya ya ummi ^^

    BalasHapus
  3. Keren dek, semoga menang ya...

    Aku juga mau ikutan achhh, tapi suka binun, kok ndak bisa komment disana ya?

    #Dek, hurufnya kok mengecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menang? hehehe aamiinn
      ayo ikutan rame2...
      gak tau nih mba , udah di edit masih mengecil juga :(
      kalo gak bisa komen di Maya ntar aku yg komenin deh :)

      Hapus
  4. sepakat mbak untuk pemberian nama mmg harus hati2 jangan karena berbahasa arab saja,,gak taunya artinya jelek,,, hehe,,

    BalasHapus
  5. halloo... haalooo...... topik artikel kita sama yaa.... aahhahahahaaaaa....... GA-nya sama pula.... mantaaf... mantaaaf..... semoga menang yaa mbak...... ^_^

    BalasHapus
  6. mantap. iya harus hati2 kasih nama ya.

    BalasHapus
  7. Iya ya mbak..kadang ada jg yg pakai nama2 Allah tanp embel2 didepanny...mgkn krn ketidaktahuan orangtuanya ya.. Apa hrs ganti atau nambah nama ya kalau begitu?

    Keluarga Maya emang namanya unik2 ya.. sukses dgn GAnya yah mbak... :-)

    BalasHapus

terima kasih sudah berkunjung, semoga indah dikenang dan bermanfaat :) salam